4 Fitur iPhone 14 Pro yang Bisa Buat Hp Android Ketar-ketir


Apple resmi meluncurkan smarthphone terbarunya yakni iPhone 14 series. Perangkat termahal ini resmi dirilis dalam acara Apple Event yang diadakan pada 7 September lalu.

iPhone 14 series ini terdiri dari empat model, yaitu iPhone 14 "reguler", iPhone 14 Plus, iPhone 14 Pro dan iPhone 14 Pro Max. Duo iPhone 14 Pro sendiri menjadi varian dengan spesifikasi tinggi dibanding model reguler lainnya.

Sebagai model tertinggi, iPhone 14 Pro dan iPhone 14 Pro Max juga dilengkapi dengan spesifikasi dan fitur unggulan.

Bahkan beberapa fiturnya terbilang eksklusif karena hanya tersedia pada kedua model hp terbaik tersebut. Sebut saja munculnya lubang layar iPhone 14 Pro dan iPhone 14 Pro Max yang berubah signifikan dibanding yang sebelumnya.

Tak hanya dari aspek desainnya, lubang layar yang disebut Apple "Dynamic Island" itu juga dimaksimalkan dengan beragam fungsi.

Selain berbeda dengan jenis iPhone generasi sebelumnya, beberapa fitur di iPhone 14 Pro dan iPhone 14 Pro Max juga menjadi poin unggul dibanding smartphone Android lain yang menjadi kompetitor Apple. Apa saja fitur tersebut?

1. Dynamic Island

Sesuai dengan rumor yang berkembang sebelumnya, Apple sukses mengubah desain layar iPhone 14 Pro dan iPhone 14 Pro Max. Alih-alih poni, kedua ponsel ini hadir dengan lubang layar atau disebut Apple "Dynamic Island".

Meski mengusung lubang layar atau punch hole seperti ponsel Android, konsep punch hole pada iPhone 14 Pro dan iPhone 14 Pro Max terbilang berbeda.

Lubang layar kedua iPhone 14 Pro berbentuk seperti pil, namun bersifat dinamis karena ukurannya seolah bisa berubah. Bahkan lubang layar ini bisa menampilkan notifikasi ponsel dengan animasi yang tampak berjalan mulus. Dukungan tersebut merupakan inovasi teknologi yang pertama kali hadir di iPhone 14 Pro dan iPhone 14 Pro Max.

2. Kamera 48 MP

Spesifikasi kamera 48 MP mungkin tak menjadi hal baru yang kamu dengar di dunia smartphone, khususnya pengguna Android. Sebab, banyak ponsel Android yang bahkan mengusung resolusi lebih tinggi dari itu.

Namun iPhone dikenal dengan kualitas kameranya yang mumpuni dan mampu bersaing dengan merek Android seperti Huawei, Samsung, dan lainnya yang menawarkan kamera ponsel beresolusi tinggi.

Misalnya pada iPhone 13 Pro Max yang meskipun resolusi kamera utamanya hanya 12 MP, kualitasnya mampu bersaing dengan Samsung Galaxy S22 Ultra (108 MP), maupun Xiaomi 12S Ultra (lensa Leica 50 MP).

Dengan peningkatan resolusi hingga 48 MP pada iPhone 14 Pro dan iPhone 14 Pro Max, maka kualitas kamera ponsel iPhone ini secara teori akan meningkat, sehingga akan mampu menyaingi kamera smartphone Android lainnya.

3. Crash Detection

Tak hanya dari aspek hardware, Apple juga menghadirkan fitur menarik di iPhone 14 series. Di antara fitur menarik tersebut yaitu "Crash Detection" atau deteksi tabrakan.

Apple mengeklaim fitur Crash Detection ini bisa membantu menyelamatkan nyawa penggunanya saat terjadi kecelakaan atau situasi darurat lain. Dengan fitur Crash Detection, ketika pengguna mengalami kecelakaan mobil yang parah, iPhone 14 akan mendeteksi dampaknya.

Kemudian setelah 10 detik, perangkat Apple itu akan memberi tahu kontak darurat dan mengirimkan lokasi pengguna secara otomatis. Selain untuk semua model iPhone 14, fitur ini juga tersedia pada smartwatch baru Apple, meliputi Apple Watch Series 8, Watch Ultra dan Watch SE generasi baru. Keren, ya!

4. Konektivitas satelit

Fitur ini juga menjadi fitur spesial yang terdapat di iPhone 14 series. Fitur konektivitas satelit memungkingkan penggunanya untuk mengirimkan panggilan darurat alias pesan SOS ketika tersesat misalnya atau dalam kondisi berbahaya, namun tidak terhubung dengan jaringan internet atau seluler.

Pengiriman pesan darurat yang dikirim bukan berupa suara ataupun teks, tetapi pengguna dapat mengirim pesan seperti “sinyal” ke layanan darurat atau pihak berwajib terkait kondisi dan lokasi pengguna. Fitur ini awalnya dirumorkan hadir di iPhone 13, meski akhirnya baru tersedia di iPhone 14 series.

Demikianlah beberapa fitur terbaru yang dimiliki smartphone yang sering juga digunakan untuk bermain game online ini. Nah, sudahkah kamu meng-upgrade ponsel lama mu ke ponsel dengan series terbaru ini?

Posting Komentar

0 Komentar