iPhone 14 Rilis, iPhone 6 Kini Dianggap Hp “Jadul”

Dengan hadirnya hp termahal yang baru yakni iPhone 14 dan iOS 16, nama iPhone 6 kini sudah termasuk dalam kategori sebagai iPhone kuno atau jadul (vintage) mengingat usianya yang sudah lebih dari 8 tahun. Dengan adanya kategori tersebut, diketahui ponsel ini tak akan lagi menerima pembaruan software dari Apple.

Adapun beberapa daftar ini dibuat Apple untuk merangkum perangkat yang sudah dihentikan distribusi penjualan atau pemasarannya sejak 5 sampai kurang dari 7 tahun yang lalu.

iPhone 6 sendiri merupakan ponsel terbaik yang diluncurkan Apple pada tahun 2014 lalu. Namun, penjualannya baru mulai dilakukan pada tahun 2015.

Hp yang memiliki body tipis ini dirilis di negara-negara tertentu sebagai iPhone murah dan dijual hingga tahun 2018.  iPhone 6 kemudian disetop pada 2019, seiring dengan dikeluarkannya iOS 13 iOS 13 sendiri diketahui hanya bisa digunakan di iPhone 6s.

Karena usia penjualannya sudah lebih dari 5 tahun, kini Apple menambahkan iPhone 6 ke daftar “iPhone Jadul”, menyusul iPhone 6s, iPhone 6s Plus dan iPhone 6 Plus yang lebih dulu sudah ditambahkan pada Februari lalu.

Meskipun sudah terdaftar sebagai hp jadul, Apple masih tetap menyediakan fasilitas service dan suku cadang di sejumlah iPhone vintage termasuk iPhone 6, hingga 7 tahun atau sesuai ketentuan yang berlaku di tiap wilayah. Akan tetapi, perbaikkannya masih bergantung pada ketersediaan suku cadang.

Selain iPhone 6, ternyata ada juga beberapa generasi iPhone yang dikategorikan vintage oleh pihak Apple.  Penasaran apa saja? Yuk scrooll down!

Daftar iPhone yang dianggap jadul

iPhone 4 (8GB)

iPhone 5

iPhone 5C

iPhone 5S

iPhone 6

iPhone 6 Plus

iPhone 6s (32 GB)

iPhone 6s Plus (32 GB)

Sebagai informasi, iPhone 6 dan iPhone 6 Plus merupakan perangkat pertama yang mendukung layanan Apple Pay.

Kedua  perangkat tersebut juga menjadi pertanda pertama kali bahwa Apple menawarkan iPhone dalam pilihan ukuran yang berbeda. Sejak saat itu;ah, iPhone terus mengadopsi strategi yang sama untuk iPhone 7 dan seterusnya.

Selain menambahkan iPhone 6 ke daftar perangkat vintage alias jadul, Apple juga diketahuui sudah memperbarui daftar lainnya seperti daftar perangkat usang (obsolete).

Hampir sama dengan daftar vintage, daftar ini juga merangkum perangkat distribusi penjualannya , namun dari 7 tahun sejak perangkat dijual.

Selain itu, Apple juga memindahkan beberapa perangjat dari daftar vintage ke daftar usang, seperti iPod nano 7 2012 dan iPod touch generasi kelima. Adapun yang menjadi penggantinya adalah iPod nano 2015 yang kini sudah terdaftar ke iPod vintage.

Nah, itulah informasi seputar iPhone 6 yang sekarang I I sudah dianggap jadul. Tapi jangan salah dlu ya, biarpun pihak Apple memasukkannya ke daftar tersebut hingga kini masih banyak masyarakat yang tetap menggunakannya.

Sembari membaca artikel di atas, yuk sambil bermain game online super seru. Dijamin deh pasti bisa membantu menghilangkan rasa bosanmu. Selamat mencoba!

Posting Komentar

0 Komentar