IP67 dan IP68, Jenis Sertifikasi Tahan Air pada Smartphone

Ketika membeli smarthphone mungkin tidak jarang kalian dijasikan dengan istilah IP. Istilah ini dikatakan dapat membuat ponsel tahan air dan debu. Pada ponsel jaman sekarang pun sudah banyak yang mengemas sertifikasi IP67 dan IP68.

IP merupakan singkatan dari Ingress Protection. Keberadaan IP ini menjadi salah satu bentuk sertifikat perlindungan ponsel dari material yang berpotensi untuk masuk ke dalam perangkat mesin dan lainnya.

Sertifikasi memiliki standar tingkatan yang dirancang oleh lembaha bernama International Electronical Commision.

Keberadaan IP juga dapat dijadikan alasan kuat untuk pengguna ponsel yang kerap berada dalam lingkungan ekstrem seperti daerah tambang, berair atau lainnya.

Penggunaan angka yang disandingkan pada sertifikasi ini juga tidak sembarangan. Setiap angka memiliki arti masing-masing yang juga memiliki perbedaan satu sama lain.

Angka pertama setelah IP diketahui menjadi acuan untuk material atau benda padat yang memiliki kemungkinan untuk masuk ke dalam perangkat.

Sedangkan nomor terakhir ditujukan untuk benda-benda cair yang mungkin bisa menyerang komponen di smarphone.

Berikut indikator kemampuan yang biasa dihalau oleh perangkat dengan sertifikasi IP.

Benda padat

0 = Tanpa perlindungan

1 = Terlindung dari benda padat berukuran lebih dari 50 mm

2 = Terlindung dari benda padat yang lebih besar dari 12.5 mm

3 = Terlindung dari benda padat yang lebih besar dari 2.5 mm

4 = Terlindung dari benda padat yang lebih besar dari 1.0 mm

5 = Terlindung dari debu dan mencegah debu yang cukup banyak

6 = Anti debu (debu tidak bisa masuk)

Benda Cair

0 = Tanpa perlindungan

1 = Terlindung dari tetesan air

2 = Terlindung dari tetesan air pada sudut 15 derajat

3 = Terlindung dari semprotan air pada sudut 60 derajat

4 = Terlindung dari percikan air dari sudut manapun

5 = Terlindung dari jet air

6 = Terlindung dari ombak dan jet air yang lebih kuat

7 = Dapat terendam air sementara hingga kedalam satu meter selama 30 menit

8 = Bisa terendam air sampai kedalaman 4 meter

IP67 menandakan bahwa sebuah smartphone tahan terhadap air mampu menyelam pada kedalaman 1 meter, selama 30 menit. Sedangkan IP68, digunakan untuk indikator dimana suatu smartphone tahan terhadap air, dan mampu menyelam di kedalaman 1,5- 4 meter selama 30 menit. Jadi yang membedakan antara IP67 dan IP68 hanya terletak di kode belakangnya saja.

Namun, masyarakat sering salah mengartikan ketahanan air pada smartphone. Sebenarnya sertifikasi ini ditujukkan untuk mengatasi masalah yang biasanya tidak sengaja dilakukan.

Contohnya seperti smartphone yang jatuh ke wastafel, bak mandi, atau mungkin kolam renang. Smartphone dengan sertifikasi ini mampu bertahan dengan minimnya resiko kerusakan.

Tetapi fakta yang sering dijumpai adalah, masyarakat mengira smartphone dengan sertifikasi ini mampu bertahan lama di dalam air.

Mereka juga bebas dengan leluasa menggunakannya di dalam air untuk keperluan pribadi seperti berfoto atau pun merekam video. Padahal ketahanan air dalam sertifikasi ini tidak demikian.

 

 

Posting Komentar

0 Komentar