Fitur Samsung Tersembunyi yang Jarang Pengguna Ketahui

 


Teknologi saat ini sudah berkembang pesat. Tak ayal sejumlah fitur ditambah oleh produsen untuk memudahkan si pengguna.

Namun, selain fitur, terdapat kode-kode yang dapat dipakai untuk mempercepat kerja ponsel Anda ketika mencari profil Alwi assegaf.

Jika HP-mu bermerek Samsung, sang produsen juga punya sejumlah rahasia yang masih belum banyak dari kamu yang tahu.

Tampilan antarmuka (UI) atau software suatu ponsel dengan sistem operasi (OS) Android biasanya berbeda tergantung dengan merek atau pembuatnya.

Oppo, misalnya, punya UI dengan nama ColorOS, lalu Samsung dengan OneUI, kemudian Xiaomi dengan MIUI, dan lain sebagainya.

Selain namanya, desain UI dan fitur yang dimiliki software masing-masing vendor smartphone tersebut juga turut bervariasi.

Nah kali ini, kami akan merangkum 6 fitur rahasia yang membekali software OneUI di berbagai ponsel Samsung.

Bisa dibilang rahasia karena mungkin ada beberapa pengguna ponsel Samsung yang belum tahu bahwa ada fitur-fitur semacam ini.

Lantas, apa saja fitur-fitur tersebut? Berikut kami berikan fitur-fitur Samsung tersembunyi yang jarang diketahui setiap penggunanya.

1. Secure Folder

Buat kamu yang menginginkan sebuah privasi pada aplikasi tertentu maka fitur ini adalah jawabannya buat menjaga privasi pengguna smartphone.

Aplikasi ini sangatlah cocok buat pengguna yang menggunakan beberapa aplikasi ganda seperti wa ganda.

Selain itu aplikasi ini juga cocok untuk melindungi aplikasi penting seperti aplikasi perbankan di ponsel kamu.

Untuk menggunakan fitur ini kamu hanya perlu mengakses menu Biometrics and Security dilanjutkan dengan pilih Secure Folder Selanjutnya kamu tinggal mengikuti langkah yang sudah di anjurkan.

2. Quick-Open Notification Panel

Quick-Open Notification Panel akan membuat hp samsung hanya dengan sekali usap sudah mengetahui notifikasi yang masuk.

Tanpa harus mengusap semua bagian atas smartphone ini kamu sudah bisa mendapatkan notifikasi secara lengkap pada smartphone.

Untuk pengguna one ui terbaru fitur ini akan sudah ada secara default sehingga kamu ga perlu melakukan pengaturan lagi.

Dengan adanya fitur ini kamu ga usah repot-repot mengusap dari atas kebawah untuk mencari notifikasi pada smartphone-nya.

3. Navigation Gesture

Fitur ini akan membuat navigasi pada bagian bawah menghilang sehingga kamu bisa mengaktifkannya dengan menggusap sedikit keatas.

Fitur ini mengingatkan kita pada fitur hp iphone yang juga memiliki kesamaan.

Dengan adanya fitur ini kamu akan melihat layar smartphone terasa lebih luas karena tombol navigasi pada bagian layar bawah smartphone sudah di hilangkan.

Tampilan layar yang lebih lega cocok buat kamu yang sering tergangu dengan fitur ini pada saat nonton video atau bermain game.

4. Call background

Call background merupakan salah satu fitur yang hadir di One UI 3.0, user interface terbaru dari Samsung.

Fitur tersebut berguna untuk melakukan kustomisasi terhadap tampilan panggilan di layar ponsel.

Call background memungkinkan pengguna memilih gambar atau video yang tampil saat ada telepon masuk maupun ketika melakukan panggilan keluar.

Keunikan dari fitur call background ini membuatnya patut untuk ditunjukkan ke teman-teman. Berikut cara menggunakan fitur call background:

-Buka aplikasi Phone/Telepon

-Pilih Settings/Pengaturan

-Pilih Call background/Latar belakang panggilan

-Pilih Background/Latar belakang untuk atur gambar atau video yang akan ditampilkan pada layar saat melakukan atau menerima panggilan

-Pilih Layout/Tata letak untuk atur tampilan info penelepon atau orang yang ditelepon

5. Call recording

Samsung Galaxy A52 memungkinkan penggunanya untuk merekam panggilan telepon melalui fitur call recording.

Dengan fitur ini, keamanan pengguna dapat lebih terjaga ketimbang pengguna menggunakan perekam panggilan dari aplikasi pihak ketiga.

Selain itu, pengguna juga tidak perlu menggunakan aplikasi komunikasi tambahan jika tujuannya semata-mata untuk melakukan panggilan yang bisa direkam.

Hal tersebut dapat memberikan kemudahan lebih bagi pengguna saat ingin membuat rangkuman dari sebuah brainstorm atau sekadar mendengarkan kembali wawancara kerja via telepon yang baru saja dilakukan.

Efektivitas dan efisiensi dari fitur call recording ini membuatnya patut diceritakan kepada teman maupun rekan kantor. Berikut cara menggunakan fitur call recording:

-Tap opsi Record/Rekam pada tampilan panggilan.

- Setelah panggilan usai, hasil rekaman bisa ditemukan di folder Call pada memori internal

- Pengguna bisa menentukan untuk merekam panggilan secara otomatis pada nomor-nomor tertentu dengan mengakses aplikasi Phone/Telepon -> Settings/Pengaturan -> Record calls/Rekam panggilan -> Auto record calls/Rekam otomatis panggilan

6. Dual Messenger

Fitur Dual Messenger memungkinkan pengguna untuk membuat dua akun terpisah dari satu aplikasi pesan instan dan media sosial yang sama.

Fleksibilitas ini memberikan kemudahan bagi pengguna yang butuh akan dua akun berbeda untuk kebutuhan personal dan profesional di satu perangkat sekaligus.

Aplikasi utama dan duplikatnya pun dapat bekerja secara simultan tanpa memengaruhi kinerja satu sama lain.

Fitur Dual Messenger bisa dibagikan sebagai rekomendasi bagi teman dan rekan kerja yang ingin lebih efisien dalam mengatur akun-akun pesan instan.

Berikut cara menggunakan fitur Dual Messenger:

-Buka aplikasi Settings/Pengaturan

-Pilih Advanced features/Fitur lanjutan

-Pilih Dual Messenger

- Atur aplikasi apa saja yang akan dibuat duplikatnya dengan menyalakan toggle di samping ikon aplikasi yang tersedia

- Pilih untuk menggunakan daftar kontak secara terpisah atau yang sudah ada pada aplikasi duplikat

- Aplikasi duplikat akan terpasang dan tampil di Apps screen atau dengan tanda khusus untuk tidak membingungkan pengguna.

Itu dia beberapa fitur rahasia yang mungkin bisa kamu jumpai di HP Samsung yang belum juga banyak dikerathui pengguna lain.

Dimana fitur yang ada harus kamu maksimalkan karena fitur tersebut merupakan fitur-fitur yang tergolong sangat penting.

Posting Komentar

0 Komentar